Ayo Bersama

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

Donasi Terhimpun

Rp 20.188.575.532

terkumpul dari Rp 60.000.000.000

Hari Lagi
INDONESIA SIAP SIAGA.
Ayo Bersama Kita CEKAL (Cegah Tangkal) Corona atau sering disebut dengan Covid-19.

 

✔️ Karena dengan bersama, kita akan bisa mengurangi penyebaran penyakit ini.

✔️ Karena dengan solidaritas, kita akan bisa keluar dari bencana ini.

✔️ Karena dengan menebar kebaikan, kita akan bisa bersama mengatasi cobaan ini.

 

 

PAKET SAHUR UNTUK TENAGA MEDIS DI RUMAH SAKIT

Di bulan Ramadhan ini, kami memberikan dukungan pada para tenaga medis di rumah sakit, salah satunya adalah berupa Paket Sahur Berkah. Paket sahur ini pun didistribusikan bagi tenaga medis yang berada di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Tentunya, program ini akan terus berlanjut dan akan bergulir di beberapa rumah sakit di wilayah lainnya.

 

MOBILE HEALTH SERVICE: LAYANAN MEDIS DOOR TO DOOR UNTUK DHUAFA

Tim Cegah dan Tangkal (Cekal) Corona Dompet Dhuafa menginisiasi layanan Mobile Health Service (MHS). Sebuah layanan medis keliling untuk dhuafa. Bermodalkan satu armada ambulans dan peralatan, serta obat kesehatan. Mereka berkeliling untuk melayani masyarakat demi memenuhi keperluan kesehatan.

Untuk tahap awal MHS diperuntukkan untuk orang lanjut usia. Sehingga mereka tidak perlu kesulitan harus keluar rumah jika membutuhkan layanan medis.”Kita mendatangi langsung ke rumah warga yang memiliki resiko tinggi, terutama lansia. Data lansia yang paling mudah kita dapatkan ada di beberapa wilayah binaan Pos Sehat Dompet Dhuafa. Rata-rata keluhan mereka seperti sulit untuk berobat layaknya kondisi biasanya. Sedangkan ia dalam kondisi kurang sehat. Bahkan ada juga lansia yang menderita penyakit kronis seperti diabetes, darah tinggi, stroke dan lainnya. Selain itu kita juga mendatangi langsung petugas dishub, polisi, sopir angkot, driver ojek dll. Karena mereka bertugas atau tetap bekerja di luar rumah,” jelas Sigit, selaku Koordinator tim MHS.

 

PELATIHAN PEMULASARAN JENAZAH COVID-19 UNTUK TENAGA MEDIS

Badan Pemulasaran Jenazah (BARZAH) Dompet Dhuafa memberikan pelatihan khusus pemulasaraan jenazah Corona (Covid-19), bagi tenaga medis di Rumah Sakit Anak & Bunda Harapan Kita. “Pelatihan ini diikuti oleh seluruh tenaga medis RS Harapan Kita. Namun kami hanya menyediakan 20 kursi untuk peserta yang dapat mengikuti secara langsung. Yang lainnya dapat mengikuti melalui webinar,” ujar Hendi Muntaha, AMK, selaku ketua panitia.

Karena menyangkut perlakuan terhadap jenazah di tengah wabah yang sangat ekstrim, pemaparan dan pelatihan diselenggarakan dengan dua sudut pandang. Dari sudut pandang fikih sekaligus yang menjadi petugas penanganan jenazah, yaitu oleh Ustadz Madroi, selaku manajer Barzah, dan dari sudut pandang medis oleh dr. Dimas Dwi Saputro, Sp.A. 

 

BARZAH BANTU PEMAKAMAN JENAZAH PDP CORONA

Badan Pemulasaran Jenazah (BARZAH) Dompet Dhuafa melakukan pemakaman terhadap jenazah berstatus PDP (Pasien Dalam Pengawasan) Corona (Covid-19).

“Bapak umur sudah 68 tahun. Sudah lama memang sakit-sakitan. Tahun lalu sempat kecelakaan juga. Jadi setelah itu kegiatannya ya di rumah saja. Terakhir statusnya PDP. Belum dipastikan positif corona. Hasil tes swab-nya baru akan keluar besok,” ucap salah satu anaknya.

Meski begitu, pihak RST maupun tim Barzah tetap melakukan prosedur penanganan sebagai mana protap yang telah ditentukan. Mulai dari perlindungan diri petugas, pemulasaran hingga pemakaman jenazah.

“Semalam kami mendapat info bahwa ada jenazah PDP di RST untuk diantar dan dimakamkan. Kami siapkan segala prosedurnya, sebagaimana protap yang ada. Karena jenazah adalah seorang muslim, tentu juga tetap sesuai dengan aturan agama,” jelas Ustadz Madroi, selaku Manajer Barzah Dompet Dhuafa. 

 

PEMBAGIAN SEMBAKO UNTUK MASYARAKAT MISKIN DHUAFA DAN PEKERJA JALANAN TERDAMPAK CORONA (COVID-19)

Salah satu Progam Cegah Tangkal (Cekal) Covid-19, dari Dompet Dhuafa yaitu pembagian sembako kepada kelompok rentan. Oleh Dompet Dhuafa, paket sembako tersebut disalurkan kepada mereka yang termasik dalam kelompok rentan, dikarenakan wabah covid-19. Diantara yang termasuk rentan  ialah mereka pekerja harian, kelompok lansia, pekerja serabutan, pedagang asongan dan lain sebagainya. 

“Donasi sembako ini diperuntukan bagi mereka yang terdampak covid-19 secara social-ekonomi. Yaitu mereka yang mendapat penghasilan dalam hitungan harian. Karena wabah, mereka tidak bisa bekerja. Sekalipun bekerja, mereka belum tentu bisa mendapat pemasukan. Kalau ikut mengisolasi, mereka pun tak mendapat pemasukan untuk kebutuhan sehari-hari,” terang Kepala Lembaga Pelayanan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa, Hendra Setia.

 

PEMBAGIAN APD UNTUK TENAGA MEDIS DI RUMAH SAKIT

“APD adalah senjata perangnya tenaga medis. Dalam beberapa jam penggunaan, APD juga harus di ganti. Ada beberapa PDP (Pasien Dalam Pengawasan) Covid-19 disini, tentu APD, Hygient Kit, dan dukungan multivitamin, akan masih sangat dibutuhkan”, aku dr. Isnindyarti, bersama tim LKC (Layanan Kesehatan Cuma-cuma) Dompet Dhuafa.

Jika pada sebelumnya, tim DMC (Disaster Management Centre) Dompet Dhuafa, juga telah memasang bilik sterilisasi, Antiseptic Body Chamber. Maka dalam kesempatan kali ini, tim LKC Dompet Dhuafa, turut mendistribusikan amanah para donatur untuk menyerahkan sejumlah bantuan di Rumah Sakit. Bersama para super volunteer Dompet Dhuafa, Fathur dan Chiki Fawzi, serah-terima donasi tersebut disambut baik oleh  perwakilan para tenaga medis disana.

“Tenaga medis di Indonesia banyak yang terpapar Covid-19, dan termasuk jumlah terbanyak tenaga medis yang meninggal akibat ini. Saya harap kebutuhan akan APD untuk tim medis dapat memenuhi kebutuhan mereka untuk berperang”, ujar Fathur

 

SEMPROTKAN CAIRAN DISINFEKTAN DI BEBERAPA TEMPAT FASILITAS UMUM

Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa kembali melakukan aksi penyemprotan di beberapa tempat fasilitas umum.

Hal tersebut merupakan salah satu upaya Dompet Dhuafa dalam pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19. Selain itu beberapa di antaranya juga merupakan permintaan dari warga setempat.

Masyarakat pun mengaku, merasa senang dengan kehadiran Dompet Dhuafa melakukan aksi penyemprotan disinfektan.

Penerima Manfaat

  • Tenaga Kesehatan di RS rujukan Corona (Bantuan: Alat Pelindung Diri)
  • Keluarga Dhuafa yang Terisolasi (Bantuan: Kebutuhan Harian, Layanan Ambulans)
  • Fasilitas publik (Penyemprotan Desinfektan)

Jenis Bantuan

  • Alat Pelindung Diri (APD)
  • Alat Desinfektan (Alat Semprot dan Disenfection Chamber)
  • Hand Sanitizer
  • Sabun Cuci Tangan
  • Vitamin
  • Layanan Ambulans
  • Kebutuhan Harian
  • Sosialisasi Pencegahan Virus Corona

Sahabat mari ikut #menebarkebaikan menjadi bagian dari melawan Covid-19, dengan membantu masyarakat yang rentan dengan Covid-19. Selain bantuan disinfektan gratis, Donasimu akan dikonversikan dengan beberapa hal diatas yang akan dibagikan pada kaum Dhuafa dan mereka yang masuk dalam kelompok rentan Covid-19 di sejumlah daerah di tanah air melalui langkah berikut

Cara Donasi

  1. Klik Tombol DONASI SEKARANG
  2. Isi Form Donasi
  3. Lakukan Pembayaran

Bantu share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan bantuan terkumpul untuk Saudara kita yang membutuhkan

Jangan Sampai Kesempatan ini Terlewat.  Segera Siapkan Donasi terbaikmu

Kata Mereka

dompet dhuafa putih web

#MenebarKebaikan

Sejak tahun 1993, Dompet Dhuafa membentang kebaikan ZISWAF Anda kepada lebih dari 19 juta penerima manfaat

Mari bersama tumbuhkan ZISWAF untuk berdayakan umat

Legalitas

Lembaga Amil Zakat Nasional sesuai SK Menteri agama No 239/2016.
Nazhir Wakaf, sesuai SK BWI No 36.74.3.1.00001/2011 (wakaf aset) dan No 3.3.00100/2015 (wakaf uang).