Cerdas Mengelola Dana non-Halal

Tentang penyaluran dana non-halal, mayoritas ulama berpendapat, bahwa dana non-halal hanya boleh disalurkan untuk fasilitas umum (al-mashlalih al-ammah), seperti pembangunan jalan raya, MCK.

Dana non-halal adalah setiap pendapatan yang bersumber dari usaha yang tidak halal (al-kasbu al-ghairi al-mayru’). Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI menjelaskan beberapa kegiatan usaha yang bertentangan dengan syariah, di antaranya:

  • Usaha lembaga keuangan konvensional, seperti usaha perbankan konvensional dan asuransi konvensional.
  • Melakukan investasi pada emiten (perusahaan) yang pada saat transaksi, tingkat (nisbah) utang perusahaan kepada lembaga keuangan ribawi lebih dominan dari modalnya
  • Perjudian dan permainan yang tergolong judi atau perdagangan yang terlarang. Produsen, distiributor, serta pedagang makanan dan minuman yang haram. Produsen, distributor dan atau penyedia barang-barang ataupun jasa yang merusak moral atau bersifat mudharat (Himpunan Fatwa Dewan Syariah Nasional, Edisi Revisi 2006, Jakarta, diterbitkan atas kerjasama DSN – Bank Indonesia, Cetakan 2006 hal 274)

Dompet Dhuafa menerima donasi dari dana non-halal masyarakat yang kemudian akan digunakan untuk pembangunan fasilitas umum, seperti: jembatan, jalan dan jamban (sanitasi).

pembangunan jembatan

pembuatan sanitasi/mck

Penyaluran Dana Non-Halal

Para ulama menjelaskan bahwa dana nonhalal tidak dimanfaatkan oleh pemiliknya, dan harus disedekahkan kepada pihak lain. Maksudnya, pendapatan non halal hukumnya haram.
Oleh karena itu, tidak boleh dimanfaatkan oleh pemiliknya (pelaku usaha haram tersebut) untuk kebutuhan (hajat) apa pun, baik secara terbuka ataupun dengan cara hilah. Pendapatan non halal harus diberikan atau disalurkan kepada pihak lain sebagai sedekah. 
dompet dhuafa putih web

#BeraniBerbagi

Sejak tahun 1993, Dompet Dhuafa membentang kebaikan ZISWAF Anda kepada lebih dari 19 juta penerima manfaat

Mari bersama tumbuhkan ZISWAF untuk berdayakan umat

Legalitas

Lembaga Amil Zakat Nasional sesuai SK Menteri agama No 239/2016.
Nazhir Wakaf, sesuai SK BWI No 36.74.3.1.00001/2011 (wakaf aset) dan No 3.3.00100/2015 (wakaf uang)

 

Informasi dan Konfirmasi:

WA : 0811-1544-488 | (021) 27874080
layandonatur@dompetdhuafa.org