indonesia siap siaga

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6.7 guncang Malang dan sekitarnya pada Sabtu (10/04) pukul 14.00 WIB.

Bencana datang, saatnya bergandengan tangan!

GEMPA BUMI MALANG DAN SEKITARNYA 

Gempa dengan magnitudo 6.7 telah terjadi siang ini di 90 KM Barat Daya Kabupaten Malang dengan kedalaman 25 KM. Gempa ini juga dilaporkan terasa di beberapa wilayah seperti Sidoarjo, Pacitan, Wonogiri, Trenggalek, Kediri, Surabaya, hingga Yogyakarta.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami, namun menyebabkan kerusakan parah beberapa rumah warga, toko perbelanjaan, dan fasilitas umum lainnya

Melalui cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur, saat ini tim telah bergerak ke lokasi bencana untuk membantu proses evakuasi serta melakukan pemetaan bantuan untuk korban terdampak.

Bencana datang, saatnya bergandengan tangan!

Respon Gempa Malang

BANJIR BANDANG & LONGSOR
FLORES TIMUR, NTT

 Cuaca ekstrim (hujan lebat disertai angin kencang dan petir) di hampir sebagian besar wilayah Nusa Tenggar Timur (NTT) sejak Sabtu lalu (03/04) menyebabkan gelombang tinngi dan banjir bandang. Sebanyak 44 jiwa dinyatakan meninggal dunia dan 7 orang lainnya masih dinyatakan hilang.

Melansir laman Pos-Kupang.com, banjir terparah dan longsor besar terjadi di Desa Waiwerang, Kecamatan Adonara Timur dan Desa Nele Lamadike, Kecamatan Ile Boleng, Adonara, Kabupaten Flores Timur pada Minggu (04/04) sekitar pukul 02.00 WITA.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga melaporkan ratusan pemukiman warga hanyut tersapu banjir, puluhan rumah di Desa Lamanele tertimbun lumpur, dan jembatan di Desa Waiburak putus.

Puluhan warga diperkirakan masih tertimbun tanah longsor dan masih terus dalam proses pencarian. Namun keterbatasan alat berat menyebabkan proses pencarian menjadi terhambat.

Bencana tak pernah sengaja diminta untuk datang, namun kesiap siagaan harus tetap diutamakan.

Dompet Dhuafa melalui Disaster Management Center (DMC), berupaya membantu saudara-saudara kita yang terkena bencana di seluruh Indonesia, melalui 3 Program Utama.

Pengurangan Risiko Bencana (PRB)

Upaya meminimalisir risiko dan kemungkinan terjadi kerugian baik secara material maupun non material melalui pelatihan secara bertahap untuk membangun kesadaran dan peningkatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana.

Respon dan SAR

Respon cepat evakuasi korban bencana di seluruh Indonesia

Recovery

Proses rehabilitasi kondisi pasca bencana dengan membangun fasilitas umum seperti rumah sementara, masjid, sekolah, maupun program berkelanjutan lainnya

Alhamdulillah, berkat dukungan penuh seluruh donatur, berikut bentangan kebaikan Anda bersama Kami dalam upaya respon Gempa Sulawesi Barat dan Banjir Kalimantan Selatan

BANJIR JABODETABEK

Selain melakukan evakuasi warga yang terjebak banjir di beberapa titik seperti Cipinag Melayu, Cawang, Persada (Tangerang), Ciledug (Tangerang), Pasar Minggu, Kemang Utara dan Ulujami, Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa juga menghadirkan Dapur Keliling serta Layanan Kesehatan Cuma Cuma (LKC) di beberapa lokasi di antaranya Perumahan Total Persada, Kelurahan Gembor, Tangerang, Kampung Salak Bawah, Jatiasih, Bekasi.

GEMPA SULAWESI BARAT

BANJIR KALIMANTAN SELATAN

Duka Mereka, Duka Kita, Duka Indonesia.

Eratkan kembali solidaritas, bantu selamatkan ribuan saudara kita yang terdampak bencana

dompet dhuafa putih web

#BeraniBerbagi

Sejak tahun 1993, Dompet Dhuafa membentang kebaikan ZISWAF Anda kepada lebih dari 19 juta penerima manfaat

Mari bersama tumbuhkan ZISWAF untuk berdayakan umat

 

Informasi dan Konfirmasi :
WA : 08111 5 444 88 | Tlp : 021-2787 4080
layandonatur@dompetdhuafa.org