bangun sekolah di pelosok

Data dari Laporan Kilasan Kinerja 2018 Kemdikbud, mencatat bahwa 1,2 juta atau 69% dari 1, 17 juta ruang kelas di seluruh Indonesia alami kerusakan

Tahukah Kamu ?

Data dari Laporan Kilasan Kinerja 2018 Kemdikbud, mencatat bahwa 1,2 juta atau 69% dari 1, 17 juta ruang kelas di seluruh Indonesia alami kerusakan.

Artinya, lebih dari setengah jumlah siswa yang menuntut ilmu di negeri ini harus belajar dalam ruang kelas yang jauh dari kata nyaman.

Bahkan tak jauh dari ibu kota Jakarta, masih didapati kelas-kelas yang beralas tanah merah, dinding berlubang, atap yang bocor, jendela kaca yang pecah, bahkan nyaris roboh.

Seperti kelas-kelas dari Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Anwarul Hidayah, Pandeglang, Banten.

Madrasah yang berdiri sejak tahun 1981 tersebut belum pernah dilakukan renovasi besar sama sekali.

Milenial Bangun Sekolah!

Sahabat bisa membayangkan kondisi fisik bangunan yang sudah berdiri 40 tahun yang lalu?

Kayu-kayu penyangga mulai rapuh, bilik-bilik yang digunakan untuk dinding sudah bolong di sana sini, genteng mulai lapuk dan bocor.

Jika musim panas, ruang kelas sesak dengan debu karena kelas-kelas hanya beralas tanah merah.

Jika hujan akan datang, maka anak-anak segera dipulangkan karena khawatir bangunan roboh dan menimpa mereka. Miris!

Hal serupa juga dialami SDIT Fatihul Hadi Botik di Desa Mangkung, Praya Barat, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ruang kelas yang hanya dibatasi triplek, sering kali tak cukup meredam suara-suara dari kelas lain. Belum lagi udara panas dari asbes yang terbakar sinar matahari semakin membuat suasana belajar sangat tidak nyaman.


Tapi, lihatlah senyum mengembang di wajah mereka. Meski sekolah belum tahu kapan direnovasi, tapi mimpi pantang diamputasi!

Potret generasi penerus negeri ada di pundak mereka yang sedang berjuang belajar meski dengan ruang kelas yang jauh dari kata wajar.

Alhamdulillah, Rabu 27 April 2021, diwakili GM Budaya dan Pendidikan Dompet Dhuafa serta pimpinan cabang Dompet Dhuafa Banten dilakukan serah terima gedung madrasah dari Dompet Dhuafa kepada pengurus Yayasan MDTA Anwarul Hidayah.

Sebagai perpanjangan tangan, kami ucapkan ribuan terima kasih kepada Sahabat semua yang telah berkontribusi dalam program ‘Milenial Bangun Sekolah’. Program ini masih akan terus berjalan sepanjang tahun karena tentu masih banyak sekolah serupa yang harus kita bantu. Selain membangun gedung sekolah, kami pun mengajak Sahabat untuk bisa memenuhi sarana sekolah seperti meja, kursi, papan tulis dan lainnya.

Milenial Bangun Sekolah!

Kami percaya bahwa pendidikan adalah investasi terbaik untuk melahirkan generasi yang siap membangkitkan dan memajukan bangsa.

Dengan semangat #BersamaUntukSesama ayo BANTU SEKARANG wujudkan kelas belajar yang nyaman untuk anak-anak penerus generasi bangsa!

MI Darul Ihsan Toli-toli, Sulawesi Tengah

Saat ini tengah dilakukan renovasi bangunan kelas untuk kelas MI Darul Ihsan Toli-Toli, Sulawesi Tengah

dompet dhuafa putih web

#BeraniBerbagi

Sejak tahun 1993, Dompet Dhuafa membentang kebaikan ZISWAF Anda kepada lebih dari 19 juta penerima manfaat

Mari bersama tumbuhkan ZISWAF untuk berdayakan umat

Legalitas

Lembaga Amil Zakat Nasional sesuai SK Menteri agama No 239/2016.
Nazhir Wakaf, sesuai SK BWI No 36.74.3.1.00001/2011 (wakaf aset) dan No 3.3.00100/2015 (wakaf uang).