Mobil Jenazah untuk Dhuafa

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

“Inalillahi wainna ilaihi roj’iun. Seorang warga HPH meninggal dunia, baru pulang dari rumah sakit terkendala masalah kendaraan dan faktor jalan yang rusak. Jadi jenazah di angkat/dinaikan dengan menggunakan sepeda motor dan di naikan di atas keranjang. Semoga aman sampai tujuan dan arwahnya di terima di sisi Allah SWT, aminnn,” ungkapan akun Facebook Mukhsal Amindra yang dilansir dari kompas.com,

Tak Cukup Biaya, Jenazah Kesulitan Pulang ke Rumah Keluarga Tercinta

Kematian adalah misteri kehidupan dan menjadi satu perkara yang dalam syariat Islam pekerjaan yang harus dilaksanakan dengan segera, tetapi masih kita temukan keluarga miskin yang kesulitan dalam pengiriman dan pengurusan jenazah kelurganya karena kesulitan biaya.

Kurang Biaya + Akses yang Sulit

Demi mendekatkan keluarga, keluarga yang tengah ditinggalkan menginginkan orang meninggal yang menjadi bagian dari keluarga mereka untuk dimakamkan di kampung halamannya. Inilah yang menjadi dilematika bagi keluarga yang ditinggalkan.

Mungkin beberapa keluarga masih bisa membiayai dengan patungan atau dengan uang sendiri, namun bagaimana medengan mereka yang kekurangan? Haruskah mereka menggunakan kendaraan seadanya atau kendaraan umum demi mengantar keluarga tercintanya kembali pulang?

“Biaya ambulans ternyata sampai lebih dari Rp 4 juta, sedangkan ia orang tak mampu, ditambah lagi dengan biaya beban ambulans. Alhamdulillah mereka juga tahu ada akses meminta layanan kita, dan kita datangi dan kita gratiskan sampai ke kampung halaman,” jelas Ustaz Madroi, Manajer Program Barzah Dompet Dhuafa, saat bertugas mengantar jenazah dhuafa.

Antar Jenazah Gratis untuk Dhuafa

Berawal dari tahun 2012, Dompet Dhuafa berinisiasi untuk membuat Layanan Barzah (Badan Pemulasaran Jenazah) yang ditujukan untuk dhuafa. Layanan sosial ini memiliki 4 program besar yaitu:

  1. Layanan Antar Jemput Jenazah,
  2. Quick Respon,
  3. Pelatihan Pengurusan Jenazah,
  4. Santunan Paket Kain Kafan. 

Tak hanya dhuafa saja, orang yang mampu bahkan sampai non-muslim pun Layanan Barzah Dompet Dhufa bersedia untuk menggerakan armada sosial ini sebagai rasa tanggung jawab amanah dari para donatur.

“Mengelola Barzah ini bersama tim, itu sebetulnya menikmati betul betapa indahnya pekerjaan ini. Kita menolong orang yang sedang berduka yang luar biasa kematian itu bukan main-main, kita datang dengan memberikan apa yang dibutuhkan untuk mereka,” ujar Ustadz Madroi.

Yuk satukan niat untuk membantu mereka yang tengah ditinggalkan dengan penyediaan mobil jenazah untuk dhuafa, cukup dengan:

  1. Klik tombol “Donasi Sekarang
  2. Masukkan nilai donasi dan data diri
  3. Pilih metode pembayaran dan transfer

Informasi dan Konfirmasi : 
WA : 08111 5 444 88 | Tlp : 021 741 6050
layandonatur@dompetdhuafa.org