wakaf sumur

Manfaat Mengalir, Pahala Tumbuh Subur

Tahukah kamu?

Air bersih merupakan sumber kehidupan. Namun, tidak semua air yang bersih dapat dengan mudah diperoleh. Menurut data dari Kompas.com, hanya 20% dari jumlah penduduk Indonesia yang memiliki akses air bersih. Selain itu sebanyak 55 juta penduduk Indonesia masih buang air besar sembarangan (BABS), karena kurangnya akses air bersih.

Dan kenyataannya,

Masyarakat Indonesia, khususnya di daerah kering sulit untuk mendapatkan air bersih. Tidak bisa dipungkiri bahwa di daerah yang sulit mendapatkan air bersih sangat rentan terhadap penyakit menular. Persoalan ironis atas akses air bersih adalah “cost of water”, ketika masyarakat miskin membayar 5 kali lipat dari masyarakat menengah ke atas.  

wakaf Sumur

Melalui program Air Untuk Kehidupan, Dompet Dhuafa  telah mengalirkan ratusan ribu liter air ke beberapa pelosok daerah di Indonesia dari hasil donasi masyarakat.

Setalah pengadaan Air bersih di beberapa daerah, Dompet Dhuafa mengadakan program Wakaf Sumur. Program ini merupakan ikhtiar Dompet Dhuafa bersama donatur untuk membantu masyarakat yang berada di daerah paceklik atau kekeringan, di daerah bencana dan minim akses air bersih dengan prinsip gotong royong.

Manfaat wakaf Sumur

1. Pahala jariah dan manfaat yang terus mengalir

2. Memenuhi kebutuhan air bersih di daerah paceklik air,  yang dilanda air kekeringan, bencana, terpencil dan minim akses air bersih

3. Mengurangi beban masyarakat dhuafa

4. Mengurangi terjangkitnya penyakit menular masyarakat dhuafa.

Kabar Terbaru

Raut gembira terlihat jelas dari masyarakat Dusun Gabu Kulon RT 03 RW 04 Desa Suro, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (02/03/2021)

Kini warga mempunyai sumur bor dan penampungan air bersih dengan kedalaman sumur 70 meter, sumur siap digunakan untuk 370 KK dan 1500 jiwa. 

Desa Suro merupakan dalah satu desa rawan kekeringan. Ketika musim kemarau tiba, warga hanya mengandalkan mata air dari sungai yang debitnya kecil dan keruh. 

Saat kemarau panjang dan sumber air tidak ada lagi, masyarakat hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah, PDAM dan lembaga kemanusian seperti Dompet Dhuafa untuk memberikan pasokan air bersih.

Sebagai langkah jangka menengah dan panjang untuk mengurangi dampak kekeringan sekaligus ketahanan air. Dompet Dhuafa membangun sumur bor di Desa Suro Kecamatan Kalibagor, Banyumas ini . Tujauan sumur bor ini akan terus mengalirkan air bersih walau musim kemarau tiba.

Yuk, bantu wujudkan wakaf sumur di daerah pelosok Indonesia!

dompet dhuafa putih web

#BeraniBerbagi

Sejak tahun 1993, Dompet Dhuafa membentang kebaikan ZISWAF Anda kepada lebih dari 19 juta penerima manfaat

Mari bersama tumbuhkan ZISWAF untuk berdayakan umat

 

Informasi dan Konfirmasi :
WA : 08111 5 444 88 | Tlp : 021-741 6050
layandonatur@dompetdhuafa.org